Polres Badung dan Forum Komunikasi Umat Beragama Kab.Badung Gelar Rakor “Seruan Bersama Menyambut Hari Raya Nyepi” 

INDONESIASATU.CO.ID:

BADUNG - Sebagai penggagas Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta,S.I.K, Polres Badung menggelar Rapat Koordinasi dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Badung,Selasa (13/03/2018).

Rapat Koordinasi tersebut di gelar dalam rangka menyambut Rangkaian Hari Raya Nyepi tahun Caka 1940 yang jatuh pada 17 Maret 2018 mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mapolres Badung dihadiri oleh Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta,S.I.K, Dandim 1611/ Badung  diwakili Mayor Edi Surnoto, Ketua Kesbangpol Badung diwakili Uni Larasati, Penasehat FKUB A.A.Gede Agung, Ketua FKUB Badung Kompyang Suandika SH.MH, Ketua PHDI Badung I.N.G SUPRAPTHA, Ketua Walubi Badung Handy Prasetya, FKUB Badung (keuskupan) Blasius Xlaya Manik, Camat Abiansemal diwakili Kasi Trantib Abiansemal, Camat Mengwi diwakili Staf Trantib Mengwi, Camat Petang diwakili Staf Trantib Petang, Camat Kuta Utara diwakili Staf Camat Kuta Utara.

Sambutan dari Kapolres Badung mengawali dimulainya acara yang intinya menyampaikan ucapan rasa syukur karena hari ini dapat berkumpul dalam rangka rapat kordinasi menyambut hari raya Nyepi Caka 1940 pada tanggal 17 maret 2018 nanti yang juga bertepatan dengan  Hari Raya Saraswati dan  pelaksanaanya dimulai dari pukul 00.01 wita sampai dengan pukul 06.00 wita.  Kepolisian dan TNI, bersama Pecalang ,tokoh masyarakat, tokoh agama siap untuk mengamankan rangkaian perayaan hari raya Nyepi supaya berjalan damai dan  toleransi umat bergama tetap terjalin. Mengahadapi Pilkada 2018 Polri dan TNI sudah mengantisiapsi berita hoax, isu sara dan ujaran kebencian agar  jangan mudah dihasut oleh isu tersebut  sehingga  pelaksanaan Pilkada 2018 dapat berjalan dengan aman tertib dan damai, dan diakhir sambutan  pemegang tongkat komando di Polres Badung ini mengucapkan selamat menyambut hari raya Nyepi Caka 1940.

Ketua FKUB Kabupaten Badung Kompyang Swandika SH.MH menyampaikan ucapan rasa syukur dan terima kasih serta penghargaan  yang setinggi tingginya terhadap jajaran kepolisisan kususnya Polres Badung, sehingga kita dapat meningkatkan kecintaan Kebhinekaan dan meningkatkan kerukunan antar umat beragama. Beberapa seruan majelis majelis agama dan keagamaan Kabupaten Badung dibacakan oleh ketua FKUB  Kabupaten Badung yaitu Bagi umat lain wajib ikut menjaga kesucian Hari Raya Nyepi, Siaran radio dan Tv tidak diijinkan siaran saat Nyepi tanggal 17 maret 2018 pkl 06.00 wita- 18 maret 2018 pkl  06.00 wita,Provider penyedia jasa seluler diharapkan mematikan data seluler internet pada tanggal 17 maret 2018 mulai pukul 06.00 wita - 18 maret 2018 pukul 06.00 wita, Masyarakat tidak diperkenankan menyalakan petasan mercon bunyi bunyian yang dapat  mengganggu kesucian Nyepi, Tidak diperkenankan menyelenggarakan  paket hiburan  Nyepi di masing masing Hotel wilayah Kabupaten  Badung, Desa dan Kelurahan berkewajiban mengamankan pelaksanaan Hari Raya Nyepi, Agar Majelis Agama mensosialisasikan kepada umatnya di wilayah Kabupaten Badung tentang pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1940.

Penasehat FKUB Badung A.A Gede Agung  menyampaikan ucapan rasa syukur sehingga terselenggaranya rapat kordinasi ini, tantangan FKUB dulu adalah ancaman bom dan tantangan sekarang adalah berita hoax,isu sara dan ujaran kebencian. Kerukunan bersifat dinamis dan tidak bisa terbentuk dikalangan elit saja melainkan harus sampai kekalangan masyarakat bawah. Unsur kerukunan dalam kehidupan  adalah menyame braya  dan Empat pilar dalam kebangsaan yaitu Pancasila ,Konstitusi ,Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.  Disampaikan bahwa pelaksanaan hari raya Nyepi dimulai pkl 06.00 wita saat matahari mulai terbit sampai keesokan harinya pkl 06.00 wita dan kegiatan ibadah sebelum hari Nyepi  pkl 06.00 tersebut bisa dilaksanakan.

Selain pembacaan seruan seruan majelis majelis agama dan keagamaan Kabupaten Badung dibacakan oleh ketua FKUB  Kabupaten Badung juga dilaksanakan penandatanganan seruan bersama dan Deklarasi dari dari Forum umat beragama Badung sebagai komponen masyarakat Badung menolak dengan tegas berita hoax, ujaran kebencian, isu sara yang dapat memecah belah persatuan NKRI.

 AKBP Yudith Satriya Hananta,S.I.K usai kegiatan mengungkapkan “ Kami sangat bersyukur di wilayah Hukum Polres Badung hingga saat ini masih sangat Kondusif, ini berkat partisipasi dari berbagai pihak yang turut serta menjaga Kamtibmas termasuk salah satunya peran FKUB yang bersama sama menjaga kerukunan antar umat beragama, bukan hanya pada saat menjelang Nyepi saja melainkan hal ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan “ tegas pucuk pimpinan di Polres Badung ini.(Lilik)

Index Berita